Senin, 06 Februari 2012

Penyesalan dan sebuah Pelajaran Hidup

Apa yang ada dipikiran kalian ketika membaca kata ini? terlintas sejenak dengan sebuah rasa sakit akan sebuah kesalahan atau kegagalan kita akan sesuatu yang kita perbuat di masa lalu.


Ketika kita mengalami sebuah kegagalan,apapun itu,cinta,pekerjaan,bisnis,pelajaran,atau apapun,selalu diikuti dengan penyesalan.


Banyak orang bilang,penyesalan selalu datang belakangan. Yah memang benar,tapi apakah makna dari sebuah sikap menyesal? apakah dengan menyesal kita bisa merubah kegagalan kita menjadi sebuah keberhasilan? apakah dengan menyesal beban kita bisa berkurang? Jawabnya adalah TIDAK! semua yang terjadi adalah sebaliknya,penyesalan selalu membuat kita dihantui rasa bersalah, yang justru cenderung menambah beban hidup kita.



Banyak orang yang tanpa sadar telah menghabiskan umurnya hanya utk menyesali apa yang telah terjadi,mereka selalu berpikir "seandainya aku tidak begitu,pasti skrg tidak begini" atau "coba saja dulu aku bisa begitu,skrg aku pasti tdk begini" dan pikiran itu terus bercabang2 sampai tak terhingga sampai akbirnya memenuhi 80% daya kerja berpikir otak kita.


Penyesalan selalu membuat kita selalu berpikir kebelakang ttg apa yg sudah terjadi yang sebenarnya kita tidak memiliki kuasa utk mengubahnya. Hal ini sangat tidak bermanfaat karna kita kehilangan kesempatan untuk berpikir kedepan.

Saya tidak mengatakan bahwa mengintrospeksi diri akan kesalahan kita itu tidak bagus,tapi terkadang sikap introspeksi.diri itu bisa berubah menjadi sifat menyalahkan diri sendiri yang diaebut penyesalan.


Dari semua hal yang saya sebutkan diatas,maka sangat jelaslah bahwa penyesalan sangatlah merusak dan berbahaya! Marilah kita memperbaiki diri bukan dengan memikirkan apa yg sdh terjadi di masa lalu,tapi sebaliknya,ketika kita gagal,jangan jadikan itu sebuah penyesalan,tapi jadikanlah sebuah pelajaran hidup yang terindah dan jangan jadikanlah masalah itu sebagai objek dari pikiran kita,melainkan jadikanlah diri kita sebagai Objek yang harus berkembang dan bertumbuh lebih baik lagi di masa depan,dan jangan pernah takut jatuh lagi,karna disaat kita jatuh disaat itulah kesempatan untuk melangkah lebih jauh terbuka lebar.Stay positive :) syalom


Published with Blogger-droid v2.0.3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar